No image available for this title

KTI

Hubungan Persepsi Kualitas Pelayanan Kebidanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rawalo Tahun 2014



HUBUNGAN PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN KEBIDANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS RAWALO TAHUN 2014

xviii + 51 halaman + 6 tabel + 2 bagan + 2 diagram + 16 lampiran

ABSTRAK

Latar belakang: Kepuasan pasien merupakan suatu perasaan pasien yang timbul dikarenakan hasil dari membandingkan kinerja layanan kesehatan yang diterimanya dengan apa yang diharapkan. Bidan sebagai salah satu sumber daya manusia di Puskesmas dan menjadi ujung tombak dalam pelayanan kebidanan di Puskesmas. Bidan memberikan pengaruh paling besar dalam menentukan kualitas pelayanan kepada pasien.
Tujuan: Mengetahui hubungan persepsi kualitas pelayanan kebidanan terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Rawalo.
Metode: Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang pasien. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Analisis menggunakan uji spearman rank.
Hasil Penelitian: Sebagian besar pasien memiliki persepsi cukup baik terhadap kualitas pelayanan kebidanan di Puskesmas Rawalo dan sebagian besar menyatakan sangat puas terhadap kualitas pelayanan kebidanan di Puskesmas Rawalo. Hasil uji spearman rank menunjukkan bahwa ada hubungan antara persepsi kualitas pelayanan kebidanan terhadap tingkat kepuasan pasien (p-value 0,000 < a 0,05).
Kesimpulan: Ada hubungan antara persepsi kualitas pelayanan kebidanan terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Rawalo Tahun 2014.


Kata Kunci : Persepsi, Kualitas Pelayanan Kebidanan, Kepuasan
Pustaka : 34 (2002 ? 2013)


Ketersediaan

C. 2589R 362 C. 2589perpustakaan InstitusiTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
R 362 C. 2589
Penerbit AKBID YLPP : Purwokerto.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
362
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya