No image available for this title

KTI

Perbandingan Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Fullday School di TK IT Sambas Dengan Half Day School Di TK RA Diponegoro Krangean Kabupaten Purbalingga Tahun 2014



PERBANDINGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH FULLDAY SCHOOL DI TK IT SAMBAS DENGAN HALF DAY SCHOOL DI TK R.A DIPONEGORO KRANGEAN KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2014

xvi + 45 halaman + 3 tabel + 2 bagan + 2 grafik + 10 lampiran

ABSTRAK

Latar belakang: Anak usia prasekolah merupakan kelompok usia yang berada pada perkembangan unik yang salah satunya adalah perkembangan sosial.Perkembangan sosial adalah suatu proses perubahan yang berlangsung secara terus-menerus menuju pendewasaan. Perkembangan sosial anak dapat dibantu oleh guru di taman kanak-kanak karena di Taman Kanak-kanak baik yang fullday maupun halfday, anak dipersiapkan secara lebih baik untuk melakukan partisipasi yang aktif dalam kelompok.
Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan perkembangan sosial anak prasekolah (TK) fullday school di TK IT Sambas dengan half day school di TK R.A Diponegoro Krangean Kabupaten Purbalingga tahun 2014.
Metode Penelitian: Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia prasekolah di TK IT Sambas dan TK R.A Diponegoro Krangean Kabupaten Purbalingga sebanyak 111 anak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 responden yang terdiri dari 26 anak di TK IT Sambas dan 26 di TK R.A Diponegoro Krangean. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji independent t test.
Hasil Penelitian: Rata-rata skor perkembangan social anak usia prasekolah di TK IT Sambas sebesar 53,58 dan rata-rata skor perkembangan social anak usia prasekolah di TK R.A Diponegoro Krangean sebesar 55,46. Hasil uji independent t test menunjukkan bahwa ada perbedaan perkembangan sosial anak prasekolah (TK) fullday school di TK IT Sambas dengan half day school di TK R.A Diponegoro Krangean Kabupaten Purbalingga tahun 2014 (nilai p value 0,008 < 0,05).
Kesimpulan: Ada perbedaan perkembangan sosial anak prasekolah (TK) fullday school di TK IT Sambas dengan half day school di TK R.A Diponegoro Krangean Kabupaten Purbalingga tahun 2014.


Kata Kunci : Perkembangan Sosial, Fullday School, Halfday School
Pustaka : 19 (2004 ? 2013)


Ketersediaan

C.2473My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
R 150 C. 2473
Penerbit AKBID YLPP : Purwokerto.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
R 150
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya