No image available for this title

KTI

Perbedaan Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan Persalinan Antara Pasien Jampersal Dan Non Jampersal Di RSUD Prof. Dr. margono Soekardjo Purwokerto tahun 2013



PERBEDAAN PERSEPSI TENTANG KUALITAS PELAYANAN PERSALINAN ANTARA PASIEN JAMPERSAL DAN NON JAMPERSAL DI RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO TAHUN 2013

xv+ 45 hal + 5 tabel + 1 bagan + 4 diagram + 7 lampiran

ABSTRAK

Latar Belakang: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah meluncurkan kebijakan Jaminan Persalinan (Jampersal) yang terintegrasi dengan pelayanan KB. Jaminan persalinan ini diberikan kepada semua ibu hamil agar dapat mengakses pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pemeriksaan nifas dan pelayanan KB oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan.
Tujuan Penelitian: Mengetahui perbedaan persepsi antara pasien Jampersal dan Non Jampersal tentang kualitas pelayanan persalinan di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah ibu bersalin peserta Jampersal dan Non Jampersal di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto sebanyak 92 orang. Analisa data menggunakan distribusi frekuensi dan uji U Mann Whitney.
Hasil Penelitian: Persepsi pasien Jampersal tentang kualitas pelayanan persalinan sebagian besar cukup baik sebanyak 33 orang (53,2%) dan lainnya baik sebanyak 29 orang (46,8%). Persepsi pasien non Jampersal tentang kualitas pelayanan persalinan sebagian besar baik sebanyak 21 orang (70,0%) dan lainnya cukup baik sebanyak 9 orang (30,0%). Ada perbedaan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan persalinan pada pasien Jampersal dan non Jampersal di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto (U Mann Whitney = 714,00, p = 0,037 < = 0,05)
Kesimpulan: Ada perbedaan persepsi pasien tentang kualitas pelayanan persalinan pada pasien Jampersal dan non Jampersal.
Saran: Pasien hendaknya berani menyampaikan pendapatnya jika mendapatkan pelayanan yang berbeda dengan pasien lainnya.

Kata Kunci : Persepsi, kualitas, pelayanan, jampersal, non jampersal
Pustaka : 19 (1990 - 2011)


Ketersediaan

C. 2382362perpustakaan InstitusiTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
R.362 C.2382
Penerbit AKBID YLPP : Purwokerto.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
362
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya